Syukuran Peresmian Gedung dan Penyerahan Sertifikat Hibah Tanah Pengadilan Agama Tanah Grogot

0

DSC01491

(Pose setelah selesai rangkaian prosesi acara)

Hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017 bertepatan dengan 01 Dzulhijjah 1438 Hijriyah, merupakan tambahan momen bersejarah bagi jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot Kabupaten Paser Kalimantan Timur, pasalnya di hari tersebut diselenggarakan acara penyerahan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Paser kepada Pengadilan Agama Tanah Grogot dan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk Pengadilan Agama Penajam yang akan segera dibangun dengan dibalut acara syukuran peresmian gedung baru Pengadilan Agama Tanah Grogot oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur bersama-sama dengan Bupati Paser.

DSC01242(Sajian tarian suku Dayak khas Tana Paser)

DSC01196(kiri : Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Drs. H. Ahmad Fanani, M.H. kanan : Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum.) 

DSC01198(para tamu undangan)

DSC01252(Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot dalam memberikan sambutan)

DSC01280(Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur dalam memberikan sambutan)

DSC01281(Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Paser Drs. Aji Sayid Fathur Rahman. M.Si. mewakili Bupati Paser dalam memberikan sambutan) 

DSC01288(Pemberian cinderamata Pemerintah Kabupaten Paser kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur begitu juga sebaliknya)

DSC01212(Ramah tamah para pejabat Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur dan Pengadilan Agama se-Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dengan Pemerintah Kabupaten Paser)

Ada pun sebelum acara inti yaitu syukuran persemian gedung pada hari Rabu tersebut diselenggarakan, telah terlebih dahulu pada Selasa malam Rabu, 22 Agustus 2017 diselenggarakan acara ramah tamah di aula Pendopo Bupati Paser sebagai bentuk sambutan jajaran Pemerintah Kabupaten Paser terhadap jajaran Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur beserta seluruh jajaran Pengadilan Agama se-wilayah hukum Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dengan dihadiri tamu undangan lainnya seperti Ketua Pengadilan Negeri Tanah Grogot, Kepala Kepolisian Resor Paser, Komandan Distrik Militer 0904/Tanah Grogot Kab. Paser serta Kepala Kejaksaan Negeri Paser dll.

 

DSC01418(Para pejabat terkait di tengah pembukaan prosesi acara)

DSC01398

(Sajian tarian daerah khas Tana Paser)

DSC01408

(Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Panitera Pengadilan Agama Nunukan Dra. Wahdatan Nusrah) 

DSC01429

(Pembacaan do’a)

DSC01431

(Menyanyikan lagu Indonesia Raya)

DSC01437

(Pembacaan sejarah berdirinya Pengadilan Agama Tanah Grogot oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot H. Subhan, S.Ag., S.H.)

DSC01413

(Para tamu undangan)

DSC01415

(Para tamu undangan)

Pukul 09.00 WITA acara dimulai walau pun sempat diguyur hujan yang cukup deras sebelum acara dimulai, tetapi tetap berjalan dengan khidmat dan menggembirakan. Hadir pejabat Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur yaitu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Drs. H. Iskandar Paputungan dan para Hakim Tinggi, seluruh pejabat Pengadilan Agama yurisdiksi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, para mantan pimpinan (Ketua) Pengadilan Agama Tanah Grogot dan para mantan unsur pimpinan (Panitera/Sekretaris) Pengadilan Agama Tanah Grogot, Bupati Paser Drs. H. Yusriansyah Syarkawi, M.Si. dan Ibu Bupati, Wakil Bupati Paser H. Mardikansyah, S.H., M.A.P. beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dalam hal ini Bupati Penajam Paser Utara diwakili oleh Suhardi yang menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara juga turut hadir pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Paser serta para undangan lainnya seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Paser dan beberapa pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wilayah cabang Tanah Grogot.

Acara dimulai dengan tarian sambutan khas Tana Paser, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Panitera Pengadilan Agama Nunukan Dra. Wahdatun Nusrah lalu dilanjut dengan pembacaan do’a, dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan sejarah berdirinya Pengadilan Agama Tanah Grogot oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot H. Subhan, S.Ag., S.H.

DSC01444

(Laporan Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Drs. H. Ahmad Fanani, M.H.)

DSC01460

(Penyerahan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Paser kepada Pengadilan Agama Tanah Grogot)

DSC01466

(Penyerahan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten PPU kepada Pengadilan Agama Tanah Grogot)

DSC01469

(Sambutan perwakilan Bupati PPU oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setkab PPU Suhardi)

DSC01479

(Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum.)

DSC01484

(Sambutan Bupati Paser Drs. H. Yusriansyah Syarkawi, M.Si.) 

Ada pun inti laporan dari Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Drs. H. Ahmad Fanani, M.H. yaitu menjelaskan sesungguhnya gedung Pengadilan Agama Tanah Grogot yang baru ini sudah diresmikan bersama-sama dengan 135 gedung baru Pengadilan di seluruh Indonesia oleh pimpinan tertinggi lembaga peradilan yakni Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Yang Mulia Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. pada tanggal 30 Januari 2017 di Mahkamah Agung RI Jakarta dan juga berterima kasih terhadap Bupati Paser dan Bupati Penajam Paser Utara atas penghibahan tanah yang diberikan kepada Mahkamah Agung Republik Indonesia, khususnya Pengadilan Agama Tanah Grogot dan Pengadilan Agama Penajam yang akan segera dibangun demi kelancaran operasional institusi lembaga yudikatif di wilayah hukum/yurisdiksi Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Dan juga Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot dengan memohon dengan kerendahan hati agar kiranya Bupati Paser dapat menghibahkan pula tanah berikut bangunan yang telah dipinjamkan selama ini untuk gedung Pengadilan Agama Tanah Grogot yang lama yang terletak di Jalan Sultan Ibrahim Khaliluddin yang diperuntukkan sebagai rumah dinas Pengadilan Agama Tanah Grogot agar ke depannya apabila ada aparatur yang mutasi ke Pengadilan Agama Tanah Grogot sudah tidak bingung dan takut lagi mencari tempat tinggal di wilayah Kabupaten Paser khususnya Kecamatan Tanah Grogot.

Tak sampai di situ, Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih terhadap Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur beserta jajarannya yang dengan kerendahanhati para pejabat Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur berkenan hadir dan juga mengapresiasi seluruh jajaran Pengadilan Agama se-wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berkenan menghadiri acara yang terbilang sakral dan bersejarah ini.

Selanjutnya inti dari sambutan Ketua Pengadilan Tinngi Agama Kalimantan Timur Dr. H. Bunyamin Alamsyah, S.H., M.Hum. yaitu turut berterima kasih pula terhadap Bupati Paser dan Bupati PPU beserta jajarannya atas penghibahan tanah terhadap Pengadilan Agama Tanah Grogot dan Pengadilan Agama Penajam yang akan segera dibangun dan juga mengimbau untuk terus selalu menjaga hubungan yang harmonis antara lembaga yudikatif dengan lembaga eksekutif demi terwujudnya peradilan yang agung di wilayah Kabupaten Paser dan Kabupaten PPU.

Selain itu inti dari sambutan Bupati Paser Drs. H. Yusriansyah Syarkawi, M.Si. yaitu dengan keberadaan gedung Pengadilan Agama ini sinergitas pembangunan antara Pengadilan Agama dengan Pemerintah Daerah akan terus meningkat di berbagai bidang utamanya pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Paser. “Dengan adanya bangunan baru ini kinerja Pengadilan Agama lebih meningkatkan profesionalisme dalam bekerja melayani warga Kabupaten Paser”, harapnya.

Selanjutnya pesan Bupati Paser untuk patuh pada kode etik serta kode perilaku dalam pelayanan. “Berikan pelayanan kepada warga sesuai dengan asas-asas pemerintahan yang baik, seperti transparan, akuntabel, profesional, proporsional, tertib penyelenggara dan tertib hukum. Selain itu hindari hal-hal yang bertentangan dengan aturan, seperti korupsi, diskriminatif, otoriter dan diktator,” tegas  Bupati Paser.

Terkait harapan pihak Pengadilan Agama Tanah Grogot agar eks gedung Pengadilan Agama yang lama yang berada di Jalan Sultan Ibrahim Khaliluddin dijadikan sebagai rumah dinas Pengadilan Agama, Bupati Paser mengaku tidak  berkeberatan. “Pemkab Paser setuju eks Kantor Pengadilan Agama dijadikan rumah dinas sepanjang itu sesuai aturan yang berlaku, saya secara pribadi tidak ada masalah,” ujarnya.

DSC01493

DSC01494

(Pemotongan pita di pintu utama oleh Bupati Paser Drs. H. Yusriansyah Syarkawi, M.Si.)

DSC01495

DSC01504

(Pemotongan tumpeng)

DSC01518

DSC01520

(Para pejabat terkait serta para undangan lainnya melihat ruangan gedung baru Pengadilan Agama Tanah Grogot) 

DSC01531

(Ramah tamah dengan para pejabat terkait serta para undangan lainnya)

Setelah selesai sambutan dari Bupati Paser, acara ditutup dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng lalu para pejabat terkait dan para undangan lainnya mengelilingi ruangan-ruangan yang terdapat di gedung baru Pengadilan Agama Tanah Grogot serta menyantap hidangan yang telah disediakan oleh Pengadilan Agama Tanah Grogot.

DSC01656

(Pertandingan tenis persahabatan)

DSC01710

(Acara sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI No. 14 Tahun 2016)

Lanjut pada sore harinya diadakan pertandingan tenis persahabatan antara Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) Daerah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur dengan PTWP Cabang se-Wilayah Pengadilan Agama Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di Lapangan Tenis Singa Maulana Tanah Grogot.

Malam harinya dilanjutkan dengan Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI No. 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Ekonomi Syariah sekaligus Pembinaan oleh Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur se-Wilayah Hukum/Yurisdiksi Pengadilan Tinggi Agama kalimantan Timur (Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara) di Ballroom Hotel Grand Sadurengas Tanah Grogot

Semoga dengan berlangsungnya acara ini, jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot khususnya dapat meningkatkan etos kerja yang lebih profesional serta lebih berintegritas lagi agar rasa keadilan dapat hadir dan lebih terasa bagi masyarakat Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara dan juga demi terwujudnya lembaga peradilan yang agung sebagaimana yang dicita-citakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia dan 4 (empat) Badan Peradilan di bawahnya.

(contributed by Adyzoel)

Share.

About Author

Leave A Reply