PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT MENERIMA KEDATANGAN 7 ORANG CPNS/CAKIM MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2018

0

PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT MENERIMA KEDATANGAN 7 ORANG CPNS/CAKIM MAHKAMAH AGUNG RI TAHUN 2018

 

SENIN – 2 April 2018. Pengadilan Agama Tanah Grogot telah kedatangan sebanyak 7 (tujuh) orang CPNS/CAKIM Mahkamah Agung RI Tahun 2018.

Ke-7 orang tersebut terdiri dari 3 orang laki-laki dan 4 orang perempuan, yaitu :

NO NAMA TEMPAT / TANGGAL LAHIR SATKER PENEMPATAN
1 Mochamad Firdaus, S.H.I Purbalingga, 25 Juni 1994 PA Tanah Grogot
2 Sulaiman Laitsi, S.H.I Tegal, 14 Mei 1993 PA Tanah Grogot
3 Nur Triyono, S.H.I Samarinda, 10 April 1991 PA Penajam
4 Ayu Nur Rahmawati, S.H.I Bantul, 9 Desember 1990 PA Penajam
5 Umaeroh Nur Sabighoh, S.H Rembang, 8 Agustus 1992 PA Penajam
6 Wafda Husnul Mukhiffa, Lc Tuban, 22 Juni 1993 PA Penajam
7 Zahidah Alvi Qonita, S.H.I Pontianak, 5 Desember 1993 PA Penajam

 

Dari ke-7 orang tersebut di atas, yang benar-benar ditempatkan di satker Pengadilan Agama Tanah Grogot hanya 2 (dua) orang, yaitu Mochamad Firdaus, S.H.I dan Sulaiman Laitsi, S.H.I, selebihnya penempatan satker PA Penajam, namun dikarenakan Pengadilan Agama Penajam belum diresmikan operasional kantornya, maka kelima personil penempatan PA Penajam tersebut dititipkan di Pengadilan Agama Tanah Grogot sebagai PA Induk sebelum pemekaran.

Pada hari pertama mereka masuk kerja, disambut dengan senang hati oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Tanah Grogot dan tentunya dengan senyuman manis, karena merupakan angin segar yang membawa harapan khususnya dunia peradilan di Indonesia, karena Mahkamah Agung RI saat ini dalam kondisi kekurangan personil hakim di lingkungan peradilan Mahkamah Agung RI, sehingga dengan kehadiran mereka, kelak diharapkan dapat menjadi hakim-hakim yang professional, berintegritas, dan memiliki kredibilitas tinggi, meskipun waktu yang ditempuh cukup lama untuk mendapatkan gelar hakim, karena harus melalui proses pelatihan, pembinaan, bimbingan hingga pendidikan hakim selama kurang lebih 2 (dua) tahun ke depan.

Kedatangan ke-7 orang CPNS/CAKIM Makhamah Agung RI ini, didasarkan atas surat dari Mahkamah Agung RI, Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Nomor 152/Bld.4/Pim/3/2018 tertanggal 27 Maret 2018, yang berisi tentang : “… para peserta diwajibkan untuk membuat laporan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Aparatur Sipil Negara (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi) yang terkait dengan tugas sehari-hari sejak tanggal 30 Maret s.d 10 Juli 2018”.

Sesuai dengan maksud isi surat tersebut, maka ke-7 orang CPNS/CAKIM tersebut pada hari Senin tanggal 2 April 2018, langsung menghadap kepada Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Bapak H. Subhan, S.Ag., S.H., untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke PA Tanah Grogot ini, dari pertemuan dengan pimpinan Pengadilan Agama Tanah Grogot tersebut diawali dengan perkenalan masing-masing CPNS/CAKIM kepada pimpinan tak lupa diberikan arahan, bimbingan, pembekalan dan motivasi sebelum mereka mendapat tugas masing-masing.

Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot menyampaikan “silakan menyesuaikan dengan kondisi yang ada, lakukan pembelajaran sedapat mungkin, laksanakanlah apa yang menjadi tugas kalian dalam penempatan di PA ini, berkoordinasilah dengan para senior dalam hal ini para Hakim dan pegawai PA Tanah Grogot untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan terkait tujuan penugasan ke PA ini”. “jangan sungkan-sungkan untuk bertanya perihal yang belum kalian ketahui, pada dasarnya kami siap memberikan bantuan yang kalian perlukan”, demikian tambah beliau (Ketua PA – red).

Pertemuan yang berlangsung di ruang Ketua tersebut dilaksanakan mulai dari pukul 08.30 s.d 10.00 WITA, yang juga dihadiri oleh Panitera Pengadilan Agama Tanah Grogot, Drs. Nasa’i.

Sesuai dengan maksud surat tersebut pula, para CPNS/CAKIM tahun 2018 yang disebut sebagai peserta Latsar atau pelatihan dasar ini akan melaksanakan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Aparatur Sipil Negara pada satker Pengadilan Agama Tanah Grogot sampai dengan tanggal 10 Juli 2018, kemudian wajib berada di Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur pada tanggal 11 Juli 2018 untuk melakukan Seminar Laporan Aktualisasi.

Semoga keberadaan para CPNS/CAKIM ini dapat membantu kinerja pegawai Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Share.

About Author

Leave A Reply