PEMBANGUNAN MUSHOLA PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT

0

Tempat ibadah merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada setiap instansi layanan publik, tidak terkecuali di sebuah Pengadilan. Dengan adanya mushola para warga pengadilan dan masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah melaksanakan ibadah. Pengadilan Agama Tanah Grogot pada dasarnya sudah mempunyai tempat ibadah namun hanya khusus bagi hakim dan pegawai sedangkan untuk masyarakat pencari keadilan tempat ibadahnya belum memadai. Beradasarkan realita tersebut, tercetus pemikiran untuk membangun mushola guna memudahkan bagi masyarakat pencari keadilan untuk beribadah. “Tujuan kami membangun mushola untuk memudahkan masyarakat pencari keadilan untuk beribadah, karena kami lihat banyak dari mereka yang tidak membawa kendaraan sehingga ketika tiba waktu zuhur mereka harus jalan kaki untuk mencari masjid terdekat”. Jelas Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot H. Subhan, S. Ag., S.H.

Lebih lanjut berdasarkan kesepakatan bersama pada Forum Sambung Rasa, disepakatilah pembangunan mushola di lingkungan Pengadilan Agama Tanah Grogot yang diberi nama Mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim. Penamaan mushola tersebut sebagai tanda penghormatan atas jasa KH. Muhammad Hasyim Rahim sebagai Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot yang pertama. Selain penamaan mushola, pada forum tersebut dibentuk pula panitia pembangunan mushola yang kemudian terpilihlah Dr. Muhammad Kasatalani, S.H.I., M.H.I. sebagai ketua panitia.

Untuk pembiayaan pembangunan mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim dihimpun dari swadaya seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanah Grogot tanpa terkecuali mulai dari ketua, para hakim, pejabat struktural dan fungsional, honorer hingga para CPNS/Cakim. “Tidak hanya dalam bentuk uang ada beberapa pegawai yang menyumbang dalam bentuk material seperti semen, pasir, keramik dan lain-lain, berkat komitmen bersama dari seluruh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanah Grogot, Alhamdulillah akhirnya biaya pembangunan mushola  dapat tertutup”. Imbuh Dr. Muhammad Kasatalani, S.H.I., M.H.I.

Sementara dalam prosesnya, pembangunan mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim diawali dengan gotong royong seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Tanah Grogot yang kemudian dalam proses selanjutnya dikerjakan oleh tukang yang ditunjuk oleh panitia dengan dibantu oleh dua pegawai honorer. “Untuk pembangunannya kami menunjuk dua tukang dengan dibantu oleh dua pegawai honorer sekaligus sebagai pengawas”. Jelas Dr. Muhammad Kastalani, S.H.I., M.H.I “Untuk setiap harinya setelah pekerjaan selesai, mereka laporan dengan cara difoto yang kemudian dikirimkan di Grup WhatsApp Pengadilan Agama Tanah Grogot”. Tambah H. Subhan, S. Ag., S.H.

Dengan dibangunnya mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim, diharapkan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat pencari keadilan dalam pemenuhan kebutuhan rohani. “Mudah-mudahaan dengan terbangunnya mushola mampu memfasilitasi keinginan masyarakat pencari keadilan dan memberikan kemudahan dalam beribadah bagi mereka” Jelas Dr. Muhammad Kastalani S.H.I., M.H.I. Setali tiga uang, Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot H. Subhan, S. Ag., S.H. juga berharap mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim mampu memberikan kemaslahatan bagi masyarakat pencari keadilan “Mushola ini dibangun untuk kemaslahatan masyarakat pencari keadilan dalam melaksanakan kegiatan spiritual, selain itu mushola ini sebagai bentuk peninggalan yang bersejarah bagi semua keluarga besar Pengadilan Agama Tanah Grogot yang terlibat dalam pembangunan mushola KH. Muhammad Hasyim Rahim ini”. Tutup, H. Subhan, S. Ag., S.H.

Share.

About Author

Leave A Reply