Kunjungan Pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur

0

Pembinaan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur di Pengadilan Agama Tanah Grogot

DSC00186

Hari Senin, tanggal 17 Juli 2017, Pengadilan Agama Tanah Grogot kedatangan Hakim Tinggi yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur, yakni Yang Mulia Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H. dalam rangka pembinaan terhadap Pengadilan Agama Tanah Grogot sebagai salah satu Pengadilan Tingkat Pertama di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur.

Beliau berkunjung ke Pengadilan Agama Tanah Grogot dengan hanya didampingi seorang supir tanpa jajaran petinggi lainnya dari Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur ini sudah tiba di Tanah Grogot pada hari Minggu malam 16 Juli 2017 dan meninjau langsung pada malam itu juga setibanya di Pengadilan Agama Tanah Grogot sekitar pukul 21.00 WITA.

DSC00187

DSC00195

DSC00200

DSC00199

 

Singkatnya selang dua hari kemudian, Selasa 18 Juli 2017, beliau mengumpulkan seluruh jajaran bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Tanah Grogot, yakni Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Wakil Panitera, para Panitera Muda, para Kasubbag, para Staff serta para Honorer dan tanpa dihadiri Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot karena sedang menjalankan cuti, guna memberikan wejangan terhadap seluruh jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Di awal wejangannya beliau mengapresiasi seluruh jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot dalam hal kerapihannya dalam mengenakan uniform sebagai Aparat Pengadilan, karena menurut beliau dengan rapihnya uniform yang dikenakan maka akan timbul muruah atau kewibaan dari diri Aparat itu sendiri di mata publik sehingga menjadikan institusi peradilan semakin bermartabat.

DSC00207

DSC00244

 

Di pembahasan lain beliau juga agak sedikit ‘menyentil’ jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot dengan ciri khas beliau yang blak-blakan dengan logat Jawanya yang cukup kental karena beliau masih menemukan beberapa katakanlah kerikil kecil baik dari ranah Kehakiman, Kepaniteraan dan Kesekretariatan yang terdapat di Pengadilan Agama Tanah Grogot dengan dibumbui cerita pengalaman-pengalaman terbaik beliau sepanjang berkarir di institusi peradilan yang dimulai dari tahun 1985 sampai dengan sekarang ini.

Maksud beliau ‘menyetil’ ialah karena beliau peduli dan sayang terhadap Pengadilan Agama Tanah Grogot dan berharap akan semakin lebih baik lagi di masa yang akan datang dalam rangka mewujudkan institusi peradilan yang agung. Dan kami pun sebagai yang diberi wejangan sadar betul bahwa ‘sentilan’ Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur ini sangat memotivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi.

Beliau juga membawa pesan, yang mana pesan tersebut pernah beliau terima dari mantan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang pertama, yakni Drs. H. Wahyu Widiana, M.A. yang mana pesan-pesan tersebut yaitu jajaran peradilan agama harus mempunyai supelitas. Harus mewujudkan dan memelihara kekompakan. Khusus untuk pimpinan tidak boleh abai terhadap pengawasan anggaran. Harus berjalannya pengawasan bidang. Perlu menjalin silaturrahim dengan institusi lain. Kebersihan kantor harus selalu dijaga. Budayakan ilmu dan  diskusi. Perhatikan pegawai Honorer dan selalu selenggarakan do’a bersama dengan rutin.

 

DSC00253

 

Dengan berkunjungnya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur, Yang Mulia Drs. H. Shofrowi, S.H., M.H. ke Pengadilan Agama Tanah Grogot ini bisa dibilang kunjungan kenang-kenangan dan mempuyai kesan tersendiri karena Pengadilan Agama Tanah Grogot hanya satu-satunya satuan kerja (satker) di bawah Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur yang dikunjungi beliau sebelum kepergiannya ke tempat tugas yang baru karena beliau mendapat promosi sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagaimana dalam Rapat Pimpinan Mahkamah Agung RI No. 2670/DjA/HM.00/06/2017 tanggal 16 Juni 2017 dan dalam waktu dekat beliau akan dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Yang Mulia Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan kepada beliau dan kesuksesan dalam mengemban amanah sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama NTT serta menjadikan Pengadilan Agama Tanah Grogot sebagai institusi yang berintegritas lagi bermartabat.

(Adyzoel)

Share.

About Author

Leave A Reply