KUNJUNGAN DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN DAN KOPERASI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DI KOPERASI AL-HIKMAH PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT

0

Pengadilan Agama Tanah Grogot mendapatkan kunjungan dari Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi Kalimantan Timur, H. Rodi Ahnadi beserta stafnya Rabu (23/5/2018). Kunjungan beliau beserta staf dalam rangka melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap Koperasi Al-Hikmah Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Sesampai di Pengadilan Agama Tanah Grogot, rombongan disambut oleh Ketua, Sekretaris dan Anggota Koperasi Al-Hikmah Pengadilan Agama Tanah Grogot untuk kemudian menuju ruang rapat. Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot H. Subhan, S. Ag., S.H. yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dari Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi Kalimantan Timur. “Selamat datang di Koperasi Al-Hikmah Pengadilan Agama Tanah Grogot”.

Kunjungan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Provinsi Kalimantan Timur beserta staf dalam rangka melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Koperasi-koperasi yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. “Tujuan kami datang ke sini untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Koperasi-koperasi di wilayah Provinsi Kalimantan Timur, khusus Kabupaten Paser sendiri kami mendapatkan rekomendasi dari pemerintah Kabupaten Paser pada Koperasi Al-Hikmah Pengadilan Agama Tanah Grogot. Pengawasan dan pembinaan yang kami lakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No 17 Tahun 2015 tentang Pengawasan Koperasi. Jelas H. Rodi Ahnadi.

“Kami fokus kepada koperasi simpan pinjam, karena fakta yang kami temukan di lapangan masih banyak koperasi yang dalam mengoperasikannya tidak sesuai dengan peraturan Koperasi. Untuk Koperasi Al-Hikmah sendiri kami melihat dalam pengoperasiannya sehat dan sudah sesuai dengan peraturan dan ketentuan Koperasi namun masih ada beberapa hal yang perlu kami sarankan untuk dilaksanakan perbaikan guna kebaikan Koperasi Al-Hikmah”.

Dalam kunjungannya ke berbagai Koperasi, H. Rodi Ahnadi berharap Koperasi-koperasi yang ada di wilayah Kalimantan Timur dalam pengoperasiannya sesuai dengan peraturan dan ketentuan koperasi yaitu Undang-undang No. 25 Tahun 1992. “Harapan dengan adanya pengawasan dan pembinaan yang kami lakukan agar koperasi-koperasi ini dalam menjalankan koperasinya sesuai dengan peraturan dan ketentuan Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, karena di lapangan masih banyak koperasi yang menyalahgunakan prinsip-prinsip koperasi tersebut. Salah satu contohnya ada koperasi yang berkedok koperasi namun sifatnya rentenir dia tidak punya anggota namun mengatasnamakan koperasi, memberikan pinjaman kepada bukan anggota koperasi, memberikan bunga sampai 3%, jadi kami ingin Koperasi yang ada di wilayahi Kalimantan Timur dalam pengoperasiannya sesuai dengan prinsip-prinsip Koperasi”.

“Untuk Koperasi Al-Hikmah kami berharap perbaikan-perbaikan yang kami sarankan dapat dilaksanakan, sehingga dapat menjadi percontohan koperasi-koperasi lain yang ada di Kabupaten Paser”. Tambah H. Rodi Ahnadi.

Share.

About Author

Leave A Reply