DEKLARASI DAN KOMITMEN APARATUR PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT MENUJU AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

0

DSC02749

Kamis, 19 Oktober 2017 pukul 09.00 WITA bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Tanah Grogot diadakan Sosialisasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) oleh Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur yang dalam hal ini disampaikan oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Dra. Hj. Masunah, M.H.I. dan Panitera Muchammad Jusuf, S.H.

DSC02728

DSC02730

DSC02723

DSC02763

Adapun acara SAPM tersebut berdampingan dengan kegiatan pembinaan dan pengawasan rutin Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur terhadap Pengadilan Agama Tanah Grogot. Dalam pelaksanaannya secara terpisah, Hakim Tinggi Pengawas Daerah Dra. Hj. Masunah, M.H.I. melakukan tugas pengawasan kinerja, sedangkan Panitera Muchammad Jusuf, S.H. mensosialisasikan program yang sedang digagas oleh Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI tersebut di ruang sidang utama.

Acara diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Tanah Grogot, yakni Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Wakil Panitera, para Pejabat Fungsional, para Pejabat Struktural, para Staff serta para pegawai Honorer.

Dalam pemaparan sosialisasinya oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Timur Muchammad Jusuf, S.H. memberikan pengertian bahwasannya SAPM yang sedang bergulir di wilayah peradilan agama ini hakikatnya yaitu untuk meningkatkan efektivitas terhadap pelayanan publik.

“Pengadilan harus mempunyai mindset pelayan bagi pencari keadilan dengan memberikan pelayanan yang prima salah satunya ialah pelayanan yang equal atau dalam memberikan pelayanan harus sama rata/setara dengan tidak membeda-bedakan orang”. Demikian imbuh Panitera Muchammad Jusuf, S.H.

Setelah acara sosialisasi selesai, dilanjutkan melihat bersama-sama layar monitor TV plasma yang ada di ruang tunggu bagi para pencari keadilan yang mana dalam monitor tersebut sudah di-setting oleh salah seorang Hakim Pengadilan Agama Tanah Grogot Erik Aswandi, S.H.I. yang berisikan segala informasi yang terkait dengan alur keperkaraan mulai dari pendaftaran s/d selesai, dan informasi tersebut sangat membantu bagi para pencari keadilan.

DSC02784

DSC02787

DSC02804

DSC02810

Pada hari terakhir pengawasan dan pembinaan, yaitu hari Jum’at 20 Oktober 2017 pukul 09.30 WITA selepas senam pagi, diadakan ekspos bertempat di ruang sidang satu sekaligus diikuti pula oleh seluruh jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Hasil ekspos yang dipaparkan oleh Dra. Hj. Masunah, M.H.I. dalam temuannya di antaranya ialah bagi petugas/penulis Buku Induk Register agar dibantu menyelesaikan tugasnya dengan cara estafet mengingat tugas tersebut cukup berat. Lalu dari hasil temuan Muchammad Jusuf, S.H. dalam paparannya di antaranya ialah untuk pengiriman laporan perkara ke PTA Kaltim agar diteliti lebih dalam lagi sebelum dikirim guna menghindari adanya kesalahan, karena Panitera Mahkamah Agung RI pun turut menegur langsung PTA Kaltim apabila terdapatnya kesalahan dalam pengirimin laporan keperkaraan yang dilakukan di pengadilan tingkat pertama.

Pesan dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah Dra. Hj. Masunah, M.H.I. ialah agar Pengadilan Agama Tanah Grogot selau bahu-membahu serta kompak dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan begitu juga pesan dari Panitera Muchammad Jusuf, S.H. agar menjadikan program APM ini sebuah tantangan demi kemajuan ke arah yang lebih baik dan jangan dijadikan beban.

Dan pada akhirnya seluruh jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot berkomitmen yang dituangkan lewat secarik kertas yang bertuliskan “PIMPINAN DAN SELURUH APARATUR PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT SIAP MENERAPKAN DAN MELAKSANAKAN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PERADILAN AGAMA”.

Semoga dengan diadakannya SAPM ini, semakin menguatkan tekad jajaran Pengadilan Agama Tanah Grogot ke arah yang lebih baik dalam pelayanan publik.

(Adyzoel)

Share.

About Author

Leave A Reply