PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DI PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT BEKERJA SAMA DENGAN PT. BRI (PERSERO) TBK. CABANG TANAH GROGOT

Ditulis oleh M. Saupil on . Posted in Berita Pengadilan

Ditulis oleh M. Saupil on . Dilihat: 36Posted in Berita Pengadilan

PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DI PENGADILAN AGAMA TANAH GROGOT BEKERJA SAMA DENGAN PT. BRI (PERSERO) TBK. CABANG TANAH GROGOT

 

Kamis, 11 Juni 2020 pukul 14:00 WITA, Pengadilan Agama Tanah Grogot mengadakan kegiatan yang bertajuk Pelatihan Pelayanan Prima Bagi Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Tanah Grogot Bekerja Sama Dengan BRI Cabang Tanah Grogot yang dihadiri oleh para pimpinan beserta seluruh aparatur Pengadilan Agama Tanah Grogot dan Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot beserta jajarannya.

Kegiatan tersebut sebagaimana permohonan dari pihak Pengadilan Agama kepada pihak BRI Cabang Tanah Grogot untuk kesediaannya memberikan pemateri/narasumber guna meningkatkan kapasitas serta profesionalisme khususnya bagi petugas PTSP Pengadilan Agama Tanah Grogot dan juga sebagai wujud keseriusan Pengadilan Agama Tanah Grogot dalam memperbaiki pelayanan terhadap para pencari keadilan yang termasuk dalam penilaian penting dalam program prestisius berskala nasional bagi instansi pemerintah yaitu Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang akan dinilai oleh pemerintah pusat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI).

Sambutan Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot

Adapun yang hadir dari pihak BRI Cabang Tanah Grogot yaitu dipimpin langsung oleh Pimpinan Cabang BRI yaitu Bapak Jimmy Fajriansyah, Ibu Melyana dan Ibu Vivi Richa Handayani keduanya sebagai Relationship Manager (RM) dan Ibu Nurhayati sebagai Customer Service (CS).

Di awal pembukaan kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI, lalu Ibu Rusdiana, S.Ag. selaku Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Bapak Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot beserta jajarannya untuk hadir sekaligus menjadi pemateri dalam pelatihan pelayanan prima, khususnya pelayanan prima yang akan diberikan petugas PTSP bagi para pencari keadilan dan menyampaikan alasan mengapa Pengadilan Agama Tanah Grogot memilih BRI Cabang Tanah Grogot untuk menjadi narasumber dalam kegiatan ini, karena BRI Cabang Tanah Grogot memiliki reputasi yang baik dan memberikan kesan branded dalam memberikan pelayanan terhadap nasabah. Dalam kesempatan itu pula Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BRI Cabang Tanah Grogot yang telah memberikan hibah barang meublair berupa meja pelayanan sebanyak 5 (lima) buah yang dipergunakan pada bagian Pelayana Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Tanah Grogot.

Pengarahan Dari Kepala Cabang BRI Tanah Grogot

Setelah pembukaan yang disampaikan Ibu Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot, selanjutnya Pimpinan Cabang BRI Tanah Gogot memperkenalkan secara singkat dirinya beserta jajarannya. Lalu, Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot memaparkan secara gamblang yang pada intinya bagaimana semestinya petugas garda terdepan (frontliner) Pengadilan Agama Tanah Grogot dalam memberikan pelayanan prima terhadap para pencari keadilan yang datang ke Pengadilan Agama Tanah Grogot di antaranya yaitu merubah mindset atau paradigma dari budaya dilayani menjadi budaya melayani, harus menghilangkan ego, harus selalu tersenyum, harus selalu bersabar, jangan bermain handphone pada saat memberikan pelayanan karena mampu mengubah secara spontan kondisi psikologis bagi petugas yang sedang menjalankan tugasnya dalam melayani masyarakat dan harus berintegritas.

Tidak hanya itu pula, Bapak Jimmy Fajriansyah selaku Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot menyampaikan wejangannya untuk selalu semangat. Apabila saat kita merasa down sebagai Aparatur pengadilan, maka kita harus selalu bersyukur dan ingat akan alasan serta perjuangan terdahulu ketika di awal kita memutuskan untuk menjadi Abdi Negara di pengadilan dan juga dalam kehidupan sehari-hari di kantor atau pun di luar kedinasan dengan harus selalu mempedomani 3 (tiga) istilah ‘sakral’ dan ajaib yaitu kata MAAF, TOLONG dan TERIMA KASIH serta harus selalu membiasakan dengan istilah TERPAKSA, TERBIASA dan BISA demi menggerakkan diri kita untuk semakin meningkat ke arah yang lebih baik dari hari ke hari.

Pembacaan Do'a oleh Bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot

Setelah selesainya Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot memberikan materi serta wejangannya, acara tersebut ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Bapak Nanang Moh. Rofi’I Nurhidayat, S.Ag. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot, lalu acara dilanjutkan dengan simulasi yang diperankan langsung oleh para petugas PTSP Pengadilan Agama Tanah Grogot yang masing-masing mempunyai peranan. Adalah Bapak Ady Zulkifli Amin, S.H. selaku Panitera Pengganti (PP) yang merangkap sebagai Kasir, Ibu Nosliyati sebagai Petugas Informasi dan Pendaftaran, Ibu Nida Nazihah Rizqi, S.E. sebagai Petugas Pelayanan Produk Pengadilan berupa salinan putusan dan salinan penetapan sekaligus akta cerai dan pendaftaran surat kuasa bagi Advokat serta Ibu Alfia Mardhiyati, S.H. selaku Petugas Pos Bantuan Hukum (Posbakum) dan Bapak Muhammad Saupil sebagai Petugas Satuan Pengamanan (Satpam)/Security yang mana simulasi tersebut dipandu langsung oleh Pimpinan Cabang BRI Tanah Grogot beserta jajarannya yang ketika dirasa ada yang kurang pas dalam memberikan pelayanan, dikoreksi serta diperankan oleh Ibu Nurhayati selaku CS BRI Cabang Tanah Grogot dan Ibu Vivi Richa Handayani selaku RM BRI Cabang Tanah Grogot.

Poto Bersama karyawan Pengadilan Agama Tanah Grogot dan Karyawan BRI Tanah Grogot

Dengan berakhirnya simulasi pelayanan prima tersebut, maka berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan acara pelatihan pelayanan prima dan diabadikan dengan berfoto bersama.

Semoga PTSP Pengadilan Agama Tanah Grogot beserta seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Tanah Grogot semakin meningkat profesionalismenya sehingga selalu mampu memberikan pelayanan yang prima terhadap para pencari keadilan. (Saupil/Adyzoel/Photo:KhairilM

PA Tanah Grogot Buen Kesong!!

Pencarian

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanah Grogot

Jl. Kesuma Bangsa KM.05

Telp: 0543-22091

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Tanah Grogot @2020