ACARA PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN TIGA ORANG CALON HAKIM MENJADI HAKIM

Ditulis oleh M. Saupil on . Posted in Berita Pengadilan

Ditulis oleh M. Saupil on . Dilihat: 58Posted in Berita Pengadilan

ACARA PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN TIGA ORANG CALON HAKIM MENJADI HAKIM

Selasa, 21 April 2020 bertepatan dengan 27 Sya’ban 1441 hijriyah yang bertepatan juga dengan Hari Kartini yang juga di tengah masa penyebaran wabah COVID-19, Pengadilan Agama Tanah Grogot menggelar acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan 3 (tiga) orang calon hakim menjadi Hakim. Adapun hakim baru yang diambil sumpah jabatan dan pelantikannya oleh Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot Ibu Rusdatina, S.Ag. tersebut adalah Bapak Akhmad Adib Setiawan, S.H.I., Bapak Alfajar Nugraha, S.H.I. dan Bapak Mochamad Firdaos, S.H.I. yang berdasarkan surat dinas Petikan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI masing-masing dengan nomor dan tanggal yang sama yaitu Nomor 980/DjA/KP.04.6/SK/3/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pengangkatan dari jabatan Calon Hakim, selanjutnya menetapkan dalam jabatan Hakim Pratama Pengadilan Agama Tanah Grogot Kelas II yang surat dinas Petikan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI tersebut diatasnamakan dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Dirjen Badilag MA RI).

Pengambilan Sumpah Tiga Hakim Pengadilan Agama Tanah Grogot

Ketiga orang hakim baru tersebut masing-masing berasal dari satuan kerja Pengadilan Agama yang berbeda pada saat berstatus CPNS/Calon Hakim, kecuali Bapak Mochamad Firdaos, S.H.I. yang memang ditempatkan di Pengadilan Agama Tanah Grogot Provinsi Kalimantan Timur, namun menjalankan kegiatan magang sebagai program dari Pendidikan Calon Hakim Terpadu (PPC) selama satu tahun lebih pada pengadilan agama kelas IA yaitu di Pengadilan Agama Kuningan Provinsi Jawa Barat, lalu Bapak Akhmad Adib Setiawan, S.H.I. bersatkerkan di Pengadilan Agama Kuala Kurun Provinsi Kalimantan Tengah dan magang selama satu tahun lebih pada pengadilan agama kelas IA yaitu di Pengadilan Agama Bojonegoro Provinsi Jawa Timur serta Bapak Alfajar Nugraha, S.H.I. bersatkerkan di Pengadilan Agama Bontang Provinsi Kalimantan Tmur dan magang selama satu tahun lebih pada mahkamah syar’iyah kelas IA yaitu di Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh Provinsi Aceh.

Acara yang dihadiri oleh segenap aparatur Pengadilan Agama Tanah Grogot tersebut dilaksanakan dengan tertib dan khidmat serta memperhatikan protokol penangan wabah COVID-19 misalnya dengan memakai masker, memberlakukan physical distancing (menjaga jarak) minimal satu meter setengah dan memakai sarung tangan, yang demikian itu juga dilakukan oleh para pejabat yang dilantik tersebut.

Setelah acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut selesai dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot, Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot memberikan arahan kepada ketiga pejabat yang baru dilantik tersebut yang intinya mengucapkan selamat dan dibalut dengan rasa prihatin karena kali pertama para hakim tersebut baru dilantik sebagai Hakim, tetapi keadaan pelantikan tidak seperti pada umumnya ketika keadaan normal namun tetap berjalan lancar. Kemudian Ketua Pengadilan Agama Tanah Grogot juga menyampaikan untuk selalu semangat dalam menjalankan tugas dan untuk tidak sungkan dalam membagi ilmu yang sudah didapat selama menjadi Calon Hakim dari pengadilan agama magang sebelumnya yang bertipe kelas IA serta untuk selalu banyak belajar terlebih notabenenya para hakim yang baru dilantik tersebut masih muda dan enerjik, dan juga untuk selalu menjalin kerja sama dengan siapa pun karena di Pengadilan Agama Tanah Grogot diutamakan mengedepankan rasa kekeluargaan.

Setelah acara tersebut selesai, segenap aparatur Pengadilan Agama Tanah Grogot memberikan ucapan selamat kepada kedua pejabat yang baru dilantik tersebut dan diabadikan dengan berfoto bersama lalu ditutup dengan ramah tamah. (khairilm/saupil/adyzoel)

 

 

 

Pencarian

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanah Grogot

Jl. Kesuma Bangsa KM.05

Telp: 0543-22091

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Copyright TIM IT Pengadilan Agama Tanah Grogot @2020